Silabus Program Magister

SI 5098 Metodologi Penelitian (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan konsep dan pengetahuan tentang metoda penelitian ilmiah yang selanjutnya dijadikan landasan dalam penyusunan proposal penelitian mahasiswa magister dan doktor.

SI 5101 Analisis Rekayasa (Wajib, 3 SKS)
Pengertian dan pemahaman konsep-konsep dalam aljabar linier: aljabar dalam ruang vektor, pengertian basis dan basis ruang berdimensi tak hingga yang bertalian dengan ruang fungsi, fungsi-fungsi orthogonal, konvergensi fungsi, deret Fourier, kalkulus untuk fungsi vektor, directional derivative/turunan berarah, gradient, divergence, curl, laplacian, medan skalar, medan vektor, line integral, Lagrange multipliers, surface integral, teorema Green, Gauss, dan Stokes.

SI 5111 Elastisitas dan Plastisitas (Wajib, 3 SKS)
Analisis tegangan dan regangan, hubungan tegangan-regangan elastis dan plastis, persamaan umum elastisitas, kriteria leleh, isotropik, kinematic hardening, persamaan konstitutif, aplikasi untuk masalah-masalah elastis dan elastoplastis.

SI 5121 Mekanika Tanah Lanjut (Wajib, 3 SKS)
Review continuum mechanics, model rheologi, aliran air dalam media porous, kompaksi tanah, kuat geser tanah, stabilitas lereng, pemodelan tanah.

SI 5122 Penyelidikan Tanah Lapangan Dan Laboratorium (Wajib, 3 SKS)
Membahas mengenal berbagai jenis uji mekanika tanah di lapangan dan laboratorium, peralatannya, prosedur pengujiannya, pengolahan data, dan interpretasinya. Uji pembebanan static dan dinamik pada pondasi tiang.

SI 5123 Perilaku Tanah (Wajib, 3 SKS)
Riwayat pembentukan batuan dan tanah, mineralogi batuan dan struktur molekuler tanah, interaksi tanah lempung dan air, sistem elektrolit lempung air, gaya-gaya antar partikel dan molekul tanah, pertukaran ion, aplikasi kimia tanah pada elektro osmosa dan stabilisasi tanah serta perilaku tanah terstabilisasi. Tanah kembang susut, perilaku tegangan dan regangan tanah mengembang, perngaruh angka pori dan tegangan confining pada perubahan volume, kuat geser pasir, liquifaksi dan perubahan volume tanah pasir dan kepasiran pada beban-beban siklis.Tanah gambut, identifikasi dan klasifikasi model rheologi, perubahan volume tanah gambut serta karakteristik konsolidasi. teori kontak butiran/partikel tanah pada daya dukung dan beban siklis, serta aplikasi teori yang relevan.

SI 5131 Mekanika Fluida Lanjut (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman mendalam mengenai jenis, karakteristik, mekanisme terbentuknya dan persamaan pengatur terkait yang dapat digunakan untuk mernprediksi/menganalisis dinamika fluida.

SI 5132 Perencanaan dan Pengelolaan SDA (Wajib, 3 SKS)
Penerapan konsep perencanaan, analisis keuangan dan aspek ekonomi, perencanaan multi tujuan, multi sektoral, kebijakan dan regulasi pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya air; kajian hubungan antara teknologi dan society yang menekankan pada tata cara untuk evaluasi alternatif terhadap pengaruh pembangunan dalam perencanaan pengelolaan sumberdaya air.

SI 5141 Kebijakan dan Perencanaan Transportasi (Wajib, 3 SKS)
Pendahuluan: lingkup dan batasan, kebijakan transportasi, penentuan biaya transportasi, pendanaan dan tarif.

SI 5142 Ekonomi Transportasi (Wajib, 3 SKS)
Karakteristik dan lingkup investasi dan komponen-komponennya, komponen-komponen biaya dan manfaat investasi, baik ekonomi maupun finansial, estimasi komponen-komponen biaya dan manfaat, metoda kelayakan investasi.

SI 5143 Rekayasa Infrastruktur Transportasi (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini memberikan pendalaman mengenai semua jenis inrastruktur transportasi: darat (jalan raya dan jalan rel), pelabuhan dan bandara, aturan normatif (UU, PP, Kepmen), kondisi saat ini dan rencana ke depan.

SI 5151 Produktivitas Konstruksi(Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini mengeksplorasi proses dan teknik yang digunakan dalam mengelola kegiatan konstruksi, meningkatkan produktivitas dan kualitas pada tingkat operasi di lapangan. Pengertian mengenai konsep produktivitas serta teknik yang diperlukan untuk menilai dan meningkatkan produktivitas. Pada akhir perkuliahan mahasiswa akan melaksanakan sebuah tugas besar (proyek) secara berkelompok untuk menunjukkan kemampuan dalam penerapan konsep dan teknik yang telah dipelajari pada suatu proyek nyata.

SI 5152 Sistem Perencanaan dan Pengendalian Proyek (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini membahas aspek-aspek perencanaan dan pengendalian proyek konstruksi yang mencakup konsepsi, perencanaan, dan pengorganisasian proyek konstruksi, penganggaran, penjadwalan, dan pengukuran kemajuan pekerjaan, serta penerapan konsep integrasi jadwal dan biaya (CSCS/C).

SI 5153 Manajemen Bisnis Konstruksi (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini merupakan kuliah yang memperkenalkan konsep dasar pengelolaan konstruksi sebagai kegiatan bisnis. Topik yang dibahas dalam matakuliah ini mencakup berbagai aspek pengelolaan konstruksi dalam siklus bisnis.

SI 5161 Manajemen Infrastruktur(Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas proses dan teknik yang digunakan dalam mengelola infrastruktur seperti fasilitas transportasi atau bangunan gedung, secara umum. Kuliah ini tidak membahas setiap aspek pengelolaan infrastruktur secara mendalam, tetapi lebih merupakan pembahasan umum.

SI 5162 Studi Kelayakan dan Pendanaan Infrastruktur (Wajib, 3 SKS)
Karakteristik dan tahapan proyek, Lingkup dan konteks, Nilai uang (Value of money), Analisis biaya – keuntungan, Biaya proyek, Manfaat proyek, Nilai waktu (Value of time) dan biaya operasi kendaraan, Consumer and producer surplus, Analisis multikriteria, Perencanaan investasi dan pendanaan (publik, swasta), Manajemen risiko, contoh-contoh kasus dan tugas.

SI 5221 Rekayasa Pondasi Lanjut(Wajib, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan tinjauan ulang mekanika tanah dan uji lapangan dan laboratorium, pondasi rakit dan basement, interaksi tanah struktur, pondasi tiang group, daya dukung lateral pondasi tiang, perilaku pondasi tiang terhadap beban siklik dan gempa.

SI 5222 Masalah Stabilitas dalam Geoteknik (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini akan memberikan materi mengenai fundamental dari aliran air dalam media porous, tahanan geser tanah dan lintasan tegangan, parameter kuat geser tanah, teori dan konsep metode perhitungan stabilitas lereng, aplikasi analisis stabilitas lereng pada timbunan dan galian, berbagai jenis struktur penahan tanah pada galian dalam.

SI 5231 Metode Numerik dan Elemen Hingga (Wajib, 3 SKS)
Memberi pemahaman lebih mendalam tentang metode numerik dan memperkenalkan aplikasi metoda numerik untuk masalah rekayasa sipil. Materi kuliah dikonsentrasikan pada metode-metode yang diperlukan untuk penerapan metoda elemen hingga.

SI 5232 Hidrolika Lanjut(Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian tentang konsep dasar aliran hampir datar dan hukum-hukum kekekalan beserta teknik-teknik numerik yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan aliran. Model matematik aliran 1-D, 2-D dan 3-D. Model turbulen, metoda karakteristik, beberapa metoda numerik untuk penyelesaian persamaan aliran, metoda beda hingga: pembaganan ekplisit dan implisit. Beberapa skema numerik untuk penyelesaian persamaan aliran 1-Dimensi dan 2-Dimensi, antara lain: pembangunan Lax-Wendroff, MacCormack, Abbott-Ionescu, Preissmann, UNO dan TVD. Beberapa teknik splitting: ADI, optimal spitting, strang, dan lain-lain.

SI 5233 Rekayasa Hidrologi Lanjut (Wajib, 3 SKS)
Teori dan aplikasi hidrograf untuk perencanaan, analisis hujan dan limpasan; penelusuran banjir: reservoir and river routing; desain hidrologi tingkat lanjut; design storm; analisis hidrologi untuk desain waduk, pengendalian banjir; hidrologi stokastik.

SI 5251 Aspek Hukum dan Manajemen Kontrak (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini membahas aspek legal dan administrasi perjanjian kerjasama dan proses pengadaan yang berlaku di industri konstruksi dalam kerangka hukum yang berlaku di Indonesia dan internasional. Kuliah ini juga membahas karakteristik, prosedur dan mekanisme berbagai praktek pengadaan konstruksi.

SI 5252 Rekayasa Biaya Konstruksi (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini adalah kuliah tingkat lanjut di bidang manajemen konstruksi yang membahas berbagai isu pokok, konsep, prosedur, dan teknik yang berkaitan dengan aspek pengelolaan biaya dan pendanaan untuk perusahaan dan proyek konstruksi.

SI 5253 Perancangan dan Analisis Operasional Konstruksi (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini mengeksplorasi proses dan teknik yang digunakan dalam mengelola kegiatan konstruksi pada tingkat operasi di lapangan. Pengertian mengenai proses konstruksi beserta teknologi yang mendukungnya serta proses perancangan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas dibahas dalam kuliah ini.

SI 5261 Manajemen Operasi Infrastruktur(Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini membahas berbagai aspek manajemen operasi fasilitas infrastruktur bagi pelayanan publik, seperti terminal, bandara, pelabuhan, bendungan, jalan tol, air bersih dan kotor serta fasilitas fisik infrastruktur lain. Kajian meliputi pengadaan input material, sumberdaya manusia, peralatan, pemrosesan atau operasi dan pelayanan, dan distribusi barang atau jasa ke masyarakat pengguna.

SI 5262 Penilaian Kondisi dan Evaluasi Infrastruktur (Wajib, 3 SKS)
Proses pemantauan dan evaluasi: jenis-jenis evaluasi infrastruktur evaluasi pengguna, fungsional, dan fisik; teknologi pemantauan; teknologi evaluasi fisik: non destructive test dan destructive test pemodelan kinerja dan anlisis kegagalan infrastruktur, perencanaan investigasi; proses pelaksanaan inspeksi; pengambilan data analisis hasil inspeksi; interpretasi hasil evaluasi; aplikasi sistem monitoring dan evaluasi infrastruktur building control system, post occupancy evaluation, bridge management system.

SI 5263 Pemeliharaan dan Rehabilitasi Infrastruktur (Wajib, 3 SKS)
Konsep daur hidup infrastruktur; proses deterlorasi infrastruktur; definisi pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian; manajemen pemeliharaan infrastruktur, konsep maintainability, konsep reliability centered maintenance, perencanaan program pemeliharaan; interaksi pemeliharaan dan operasi, teknik pemeliharaan dan perbaikan bahan konstruksi beton baja dan perkerasan; proteksi.

SI 6161 Sistem Informasi Manajemen Infrastruktur (Wajib, 3 SKS)
Pengertian sistem informasi manajemen; komponen sistem informasi manajemen; faktor sukses dan kegagalan suatu sistem informasi; aplikasi sistem informasi dalam infrastruktur: Pavement Management System (PMS), Bridge Management System (BMS); kajian teknologi informasi: database, GIS, sistem pakar; perancangan sistem informasi informasi manajemen infrastruktur: identifikasi kebutuhan data dan informasi, rancangan sistem, teknik analisis data, penentuan prioritas, perangkat keras, perangkat lunak, verifikasi model; implementasi sistem: pengadaan sistem, pelatihan, operasi dan pemeliharaan, penilaian dan evaluasi sistem.

SI 6141 Proyek Kelompok Topik Rekayasa Transportasi (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini merupakan suatu kegiatan penggunaan ilmu yang didapat dari kuliah kemudian digunakan dalam suatu pekerjaan. Perkuliahan ini melatih peserta untuk melakukan kegiatan dari awal pekerjaan, pengumpulan data, analisis data dan perancangan, evaluasi dan kesimpulan dan saran terhadap pekerjaan yang dilakukan. Peserta diharuskan menyusun laporan yang terdiri atas laporan pendahuluan, laporan data dan pengumpulannya, laporan analisis data dan penyelesaian masalah pekerjaan dan kesimpulan dan saran. Peserta kuliah harus mempresentasikan setiap laporan.

SI 6121 Dinamika Tanah dan Rekayasa Gempa (Wajib, 3 SKS)
Review mengenai pengetahuan dasar gempa dan mekanika vibrasi, fungsi atenuasi, fungsi distirbusi, parameter seismic hazard, analisis seismic hazard. Dinamika tanah meliputi parameter dinamik tanah, fenomena likuifaksi dan dinding penahan tanah saat kondisi gempa.

SI 6099 Penelitian dan Tesis (Wajib, 6 SKS)
Mengembangkan kemampuan akademik, membekali mahasiswa dengan kemampuan analisis dan sintesis, serta mengarahkan dan membekali mahasiswa untuk mampu mandiri dalam melakukan kegiatan penelitian dan penulisan yang lebih berkualitas.

SI 5001 Metoda Numerik Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Memberi pemahaman lebih mendalam mengenai metode numerik dan memperkenalkan aplikasi metode numerik untuk masalah rekayasa sipil. Pengenalan metode numerik,persamaan non linear, interpolasi, diferensiasi dan integrasi numerik, pemecahan sistem persamaan linier, pemecahan persamaan diferensial biasa, analisis kurva, dan perancangan program komputer metoda numerik untuk masalah rekayasa sipil.

SI 5112 Mekanika Bahan Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Definisi dan formulasi tegangan, regangan dan deformasi; syarat keseimbangan dan kompartibilitas; persamaan elastisitas; masalah elastisitas pada dua dimensi dalam koordinat Cartesian dan koordinat polar; tegangan bidang dan regangan bidang; konsentrasi tegangan; teori leleh; metoda energi: prinsip Castigliano pertama dan kedua; silinder berdinding tebal; balok melengkung; balok tak simetris; torsi dan pusat geser; pengantar mekanika fraktur.

SI 5113 Teknologi Beton Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Membahas teknologi pembuatan beton, durabilitas beton pada umur dini dan lanjut, dan evaluasi kondisi infrastruktur beton. Topik-topik pembahasan difokuskan pada desain campuran beton khusus seperti beton dengan mineral pozolan, beton ringan dan beton mutu tinggi, serta pada masalah panas hidrasi pada umur dini dan mekanika durabilitas pada umur lanjut. Matakuliah ini berorientasi pada pengaruh permasalahan durabilitas beton pada kinerja elemen dan struktur menggunakan pendekatan mekanik, kimia dan fisika. Berbagai topik ini akan dibahas secara dalam disertai dengan contoh aplikasi yang memberikan sinergi antar topik. Pada akhir kuliah mahasiswa akan mengerjakan tugas komprehensif yang berorientasi pada aplikasi dari teori untuk desain infrastruktur jangka panjang.

SI 5114 Perilaku Struktur Beton (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas tentang materi lanjut mengenai perilaku elemen struktur dan struktur beton bertulang. Materi yang diberikan meliputi perilaku mekanik material, elemen dan struktur beton bertulang terhadap berbagai kondisi pembebanan, termasuk beban gempa. Konsep struktur beton pracetak yang akhir-akhir ini mulai populer di Indonesia juga diberikan. Beberapa tools analisis seperti analisis limit serta strut and tie juga dicakup dalam kuliah ini.

SI 5211 Perilaku Struktur Rangka Baja (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas perilaku berbagai sistem rangka baja, khususnya sistem rangka baja pemikul beban lateral (gempa). Bahasan diawali dengan perilaku elementer penampang dan komponen struktur, yang berupa lentur, torsi, serta leleh, dan tekuk, baik tekuk penampang, tekuk komponen, maupun tekuk struktur. Pengertian tentang daktilitas dibahas secara lengkap: daktilitas bahan, kurvatur, perpindahan, rotasi, dan daktilitas global struktur. Bahasan mengenai berbagai sistem rangka baja mengacu pada ketentuan terbaru mengenai struktur baja tahan gempa, dengan perhatian khusus pada kemampuan penyerapan energi termasuk detailing sambungan. Secara komprehensif akan dibahas perilaku sistem rangka pemikul momen, sistem rangka berperilaku konsentrik, sistem rangka berperilaku eksentrik, sistem rangka berperilaku tahan tekuk, sistem dinding geser pelat baja. Mahasiswa akan merencanakan struktur baja tahan gempa berdasarkan ketentuan yang berlaku.

SI 5212 Dinamika Struktur Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Analisis dinamik sistem diskrit dan kontinu linier dan non-linier. Solusi dicari dengan metoda superposisi modal dan metoda numerik step by setp integration.

SI 5241 Model Simulasi Sistem Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Pembuatan algoritma, teori pemrograman terstruktur, perancangan arsitektur program, bagan alir, struktur program, teori dasar simulasi, pemrograman simulasi, aplikasi simulasi dalam transportasi, pemahaman database, pembentukan database dan contoh program.

SI 5242 Rekayasa Lalulintas Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas karakteristik lalulintas, analisis lalulintas, teori simpang, perancangan dan analisis simpang bersinyal, survei lalulintas, traffic calming, perlengkapan lalulintas/jalan dan analisis kapasitas dan kinerja berbagai prasarana jalan.

SI 5243 Perencanaan dan Perancangan Bandara (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini merupakan matakuliah lanjut dalam perencanaan dan perancangan bandara. Mahasiswa akan mempelajari dan menerapkan teori-teori dasar mengenai perencanaan bandara, menganalisis berbagai aspek perancangan suatu bandara, baik aspek teknis maupun non-teknis.

SI 5244 Perencanaan dan Perancangan Pelabuhan(Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini merupakan matakuliah lanjut dalam bidang perencanaan, manajemen dan pengoperasian pelabuhan. Mahasiswa akan mempelajari dan menerapkan teori dasar manajemen pada sistem pelabuhan, menganalisis aspek–aspek yang berkaitan dengan perencanaan, pengelolaan dan pengoperasian pelabuhan dan juga menganalisis aspek finansialnya. Sasaran dari matakuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa terhadap pemahaman mengenai: peran dan fungsi pelabuhan, perkembangan pelabuhan, struktur manajemen, dan pengoperasian pelabuhn, aspek finansial pelabuhan, dan isu–isu sosial dan lingkungan.

SI 5245 Pemodelan Sistem Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Konsep perencanaan tranportasi, konsep interaksi tata ruang dan transportasi, konsep aksesibilitas dan mobilitas, konsep pemodelan sistem, model transportasi 4 tahap, model bangkitan/tarikan pergerakan, model sebaran pergerakan, model pemilihan moda, model pembebanan pergerakan, model interaksi tata ruang dan transportasi, dan model transportasi yang berdasarkan data arus lalulintas.

SI 5246 Perencanaan dan Perancangan Terminal (Pilihan, 3 SKS)
Karakteristik terminal transportasi; pengertian dan posisi terminal dalam transportasi angkutan barang dan penumpang; jenis-jenis terminal (darat, laut, udara) dan sistem terminal multimoda; proses, fungsi, dan fasilitas, pada masing-masing terminal.

SI 5247 Sistem Angkutan Umum (Pilihan, 3 SKS)
Gambaran umum mengenai sistem angkutan umum, termasuk klasifikasi sarana dan prasarana serta penentuan kebutuhan. Perencanaan jaringan, halte, terminal dan sistem operasi. Analisis ekonomi dan finansial serta metoda pemilihan sistem angkutan umum, masalah kelembagaan serta pengembangan sistem dan pendukung kinerja.

SI 5248 Analisis Jaringan Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Pengertian graph, notasi dan penggunaan graph, representasi graph, simpul, busur, derajat, isomorphisme, jenis-jenis graph, subgraph, komplemen, lintasan, dan sirkuit. Lintasan dan sirkuit Euler dan Hamilton, traveling salesman problem.

SI 5249 Manajemen Operasional Perkeretaapian (Pilihan, 3 SKS)
Geometri jalan rel, struktur jalan rel, fasilitas pengamanan jalan rel, persilangan dengan jalan raya, marka jalan rel.

SI 6011 Topik Khusus Rekayasa Struktur (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini dirancang untuk mengakomodasi perkembangan-perkembangan terkini keilmuan di bidang rekayasa struktur. Topik-topik seperti perencanaan struktur terhadap kebakaran, perencanaan struktur beton pracetak, perencanaan struktur gedung tinggi dan lain-lain secara bergantian akan ditawarkan.

SI 6042 Topik Khusus Rekayasa Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan kajian terhadap berbagai aspek/isu penting yang saat ini berkembang di bidang rekayasa transportasi, di dalam negeri maupun di luar negeri.

SI 6051 Topik Khusus MRK (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah dirancang untuk menampung pembahasan berbagai topik di bidang rekayasa dan/atau manajemen konstruksi, yang sifatnya terbuka dan berubah sesuai dengan kondisi kekinian dan kebutuhan.

SI 6111 Dinamika Eksperimental dan Kontrol (Pilihan, 3 SKS)
Metoda teori maupun eksperimental dinamik diberikan pada kuliah ini. Pada bagian lain diberikan teori tentang kontrol vibrasi dengan menggunakan metoda pasif, aktif maupun hybrid.

SI 6112 Rekayasa Jembatan (Pilihan, 3 SKS)
Sifat fisis, mekanik dan kimia beton dan unsur-unsur material pembentuknya termasuk material, korelasi antara komposisi beton dan perilaku yang dihasilkan, admixtures, beton kinerja tinggi, perbaikan dan rehabilitasi komponen struktur beton.

SI 6113 Teori Stabilitas (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini, akan diberikan materi lanjut mengenai perilaku elemen struktur dan struktur beton bertulang. Materi yang diberikan meliputi perilaku material elemen dan struktur beton bertulang terhadap berbagai kondisi pembebanan. Konsep Struktur beton pracetak yang akhir-akhir ini mulai popular di Indonesia juga akan diberikan. Beberapa tool analisis seperti analisis limit serta strut and tie juga akan dicakup dalam kuliah ini.

SI 6114 Disain Plastis (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini memberikan pemahaman serta kemampuan analisis struktur pada kondisi inelastis dan memahami perilaku struktur pada kondisi inelastis sampai terjadinya keruntuhan struktur dan aplikasinya dalam disain.

SI 6115 Rekayasa Kegempaan (Pilihan, 3 SKS)
Mekanisme terjadinya gempa dan jenis sumber gempa (point source, line source dan area source); time history analisis pada sistem SDOF untuk beberapa ukuran intensitas gempa; Sistem SDOF: Respons spektrum dan spektrum rencana; daktilitas dan energi sistem SDOF dan peraturan gempa rencana; Seismic hazard analysis (Risk analysis); pengembangan Artificial eartquake motion; pengantar Sistem MDOF dan analisisnya; Sistem MDOF 2D: mode superposition method vs time history analysis; sistem MDOF 2D dan Redaman proporsional, Response spectrum analysis, Kombinasi antar ragam (SRSS and CQC); sistem MDOF 3D basic stiffness analysis; sistem MDOF 3D dan redaman proporsional, time history analysis, Respons terhadap getaran dua arah; kombinasi antar ragam (SRSS and CQC); analisis 3D statik ekivalen dan persyaratan desain SNI 1726-2002; analisis metoda energi MDOF; pengantar Performance Based Seismic Engineering; Performance based design and analysis, konfigurasi gedung tahan gempa dan studi kasus.

SI 6116 Probabilitas dan Reliabilitas Struktur (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini, akan diberikan matakuliah yang bertujuan agar mahasiswa menguasai tingkat kemamanan struktur dari aspek probabilistik.

SI 6131 Teori dan Pemodelan Air Tanah (Pilihan, 3 SKS)
Hidraulik air tanah, hukum Darcy, persamaan energi aliran (ground water head), jenis aquifer, (unconfined, confined, semi confined aquifer). Teknik explorasi dan exploitasi serta pengelolaan air tanah, parameter aquifer S and T aliran transsient dan steady flow. Persamaan ground head dengan debit, penyelesaian numerik dan finite element.

SI 6132 Model Fisik Hidraulik (Pilihan, 3 SKS)
Pendahuluan, ide dan prinsip keserupaan, analisis dimensi, Tujuan pemodelan fisik, skala dan klasifikasi model fisik. Distorted dan undistorted model, cara pemilihan skala, Movable dan fixed bed model. Model fisik bendung, flushing, spillway dan sungai.

SI 6133 Erosi dan Angkutan Sedimen (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pengertian tentang sifat dan perilaku sedimen non-kohesif dan sedimen kohesif seperti ukuran butiran, kecepatan jatuh dan pengaruh konsentrasi dan salinitas, gerak awal, angkutan material dasar, bed form dan pengaruhnya pada tahanan aliran, bed load, angkutan sedimen layang dan angkutan total. Angkutan sedimen akibat gelombang. Erosi dan desposisi, keseimbangan dinamik saluran, model numerik angkutan sedimen pada saluran dengan dasar bergerak. Erosi pada lahan dan teknik penanggulangannya.

SI 6134 Aliran Transien pada Pipa (Pilihan, 3 SKS)
Dalam matakuliah ini akan dibahas aliran tidak langsung dalam pipa serta perilaku aliran dalam pipa pesat akibat water hammer.

SI 6135 Bangunan Pantai (Pilihan, 3 SKS)
Diberikan materi konsep perancangan dermaga, bangunan-bangunan penunjang dan bangunan pengaman pantai.

SI 6142 Pembiayaan Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini berisi pengenalan konsep dan aplikasi pembiayaan proyek infrastruktur transportasi.

SI 6143 Manajemen Operasional Bandara (Pilihan, 3 SKS)
Konsep perencanaan dan aktivitas manajemen operasional bandara dalam kerangka optimasi sumber daya terkait.

SI 6144 Manajemen Operasional Pelabuhan (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut dalam manajemen dan pengelolaan suatu pelabuhan. Mahasiswa akan mempelajari teori-teori dasar pengelolaan operasional pelabuhan, menganalisis aspek-aspek finansialnya, aspek multimoda dan aspek sosial-lingkungan pelabuhan.

SI 6145 Analisis Dampak Lalulintas dan Keselamatan Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas dampak lalulintas dan dampak lingkungan akibat sektor transportasi, keselamatan lalulintas jalan, keselamatan angkutan umum dan jalan rel, keselamatan transportasi udara, dan keselamatan transportasi laut.

SI 6146 Sistem Manajemen Pemeliharaan Infrastruktur Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Pengenalan akan database infrastruktur transportasi, konsep dan batasan pemeliharaan, pemahaman tentang kinerja, penilaian kondisi kini dan mendatang, teknik pemeliharaan dan informasi manajemen infrastruktur transportasi.

SI 6147 Manajemen Proyek Infrastruktur Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai bagaimana pengelolaan proyek untuk pembangunan prasarana infrastruktur.

SI 6148 Perencanaan Transportasi Barang (Pilihan, 3 SKS)
Karakteristik dan aspek-aspek yang terkait dengan transportasi angkutan barang. Identifikasi jumlah kebutuhan barang terhadap fasilitas transportasi yang tersedia.

SI 6149 Transportasi Perkotaan (Pilihan, 3 SKS)
Aspek-aspek kebijakan dan perencanaan sistem angkutan perkotaan dan barang, karakteristik dan analisis kinerja operasi, sistem operasi angkutan umum, perancangan fasilitas transportasi perkotaan.

SI 6151 Manajemen Mutu Konstruksi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini membahas konsep dan fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian dan peningkatan mutu modern dalam industri dan kegiatan konstruksi dalam framework total quality management dan konsep rantai pasok (supply chain) di industri konstruksi.

SI 6152 Pengambilan Keputusan dalam Ketidakpastian (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini membahas penggunaan teknik analisis keputusan sebagai alat bantu di dalam masalah pengambilan keputusan yang kompleks yang diliputi ketidakpastian khususnya di dalam dunia konstruksi. Mahasiswa diperkenalkan kepada cara memodelkan keputusan, ketidakpastian serta preferensi pengambil keputusan yang juga didasarkan kepada sikapnya terhadap risiko.

SI 6162 Topik Khusus Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan kajian terhadap berbagai aspek/isu penting yang saat ini berkembang di bidang rekayasa dan manajemen infrastruktur, baik di dalam maupun di luar negeri.

SI 6211 Optimasi dalam Rekayasa Struktur (Pilihan, 3 SKS)
Proses desain dalam struktur, formulasi masalah dalam optimasi struktur, prinsip volume struktur, penggunaan pemrograman matematis dalam optimasi sistem struktur.

SI 6212 Metoda Eksperimental dalam Rekayasa Sipil (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan pengetahuan yang komprehensif mengenai berbagai metoda eksperimental yang umum digunakan di bidang rekayasa struktur, termasuk berbagai jenis pengujian tidak merusak dan merusak untuk mengevaluasi material dan struktur bangunan eksisting.

SI 6213 Desain Struktur dan Pondasi untuk Mesin Getar Vibrasi (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai desain dan elemen struktur pondasi mesin yang sesuai dengan persyaratan keamanan. Selain itu, juga untuk mendapatkan pemahaman tentang spesifikasi karet peredam getaran (vibration isolator) yang sesuai untuk meredam getaran saat mesin beroperasi serta besar beban statis dan dinamis yang diteruskan ke struktur pondasi dan dapat menuangkan hasil perencanaan struktur pondasi mesin ke dalam gambar teknik.

SI 6221 Perbaikan Tanah(Pilihan, 3 SKS)
Membahas maksud dan tujuan adanya perbaikan tanah, mempelajari macam-macam metoda perbaikan tanah yang ada: secara mekanis, dengan perkuatan, secara hidrolis dan penambahan bahan aditif.

SI 6222 Topik Khusus Rekayasa Geoteknik (Pilihan, 3 SKS)
Konsep gain strength, teori Sokolovski, perilaku tanah khusus, perhitungan daya dukung pondasi tiang dengan rumus dinamika dan persamaan gelombang, interpretasi loading test, pondasi jembatan bentang panjang, kasus khusus dalam stabilitas lereng dan timbunan.

SI 6223 Metode Elemen Hingga (Pilihan, 3 SKS)
Pengenalan metoda elemen hingga, metoda elemen hingga berbasis perpindahan; elemen isoparametrik; aplikasi dalam berbagai masalah mekanika struktur; aspek-aspek pemodelan dan numerik; metoda residu berbobot; masalah non-linier pada bahan dan geometri; aplikasi pada masalah dinamik.

SI 6224 Mekanika Batuan (Pilihan, 3 SKS)
Identifikasi jenis batuan dan klasifikasinya secara umum, uji kuat tekan batuan di laboratorium, kuat geser batuan, potensi keruntuhan batuan pada galian terowongan dan bangunan-bangunan dalam batuan, sifat dan analisis keruntuhan batuan, perkuatan batuan.

SI 6225 Pondasi Dinamis (Pilihan, 3 SKS)
Kaji ulang: mekanika vibrasi, perambatan gelombang dan kriteria perancangan pondasi dinamis. Elastic half space theory lumped parameter impedance function untuk pondasi dinamis menerima beban nertical, horisontal dan torsi. Analisis pondasi dinamis untuk coupled rocking dan horisontal. Analisis dan perencanaan pondasi dinamis tertanam pemakaian program tersedia untuk tamah linier. Metoda perancangan pondasi dinamis dengan impact. Interaksi dinamis pondasi grup, efisiensi, kekakuan serta damping pada pondasi grup. Analisis dinamis pada tembok penahan tanah. Isolasi vibrasi, isolasi aktif dan isolasi pasif, atenuasi vibrasi dan atenuasi pada perancangan serta batas-batas vibrasi yang dizinkan.

SI 6226 Interaksi Tanah dan Struktur (Pilihan, 3 SKS)
Pengenalan atas masalah interaksi dinamik. Uraian singkat atas interaksi dinamik fundasi mesin. Tinjauan ulang mekanika getar, matematika dan metode numerik elemen hingga, elemen batas. Model-model sederhana dengan SDO di atas continuum, uraian dalam NEHRP untuk bangunan gedung, analisis langsung dan multistep dengan elemen hingga, formulasi elemen batas, kombinasi elemen hingga-elemen batas, uraian state of the art dalam interaksi dinamik.

SI 6231 Pemodelan Kualitas Air (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan konsep dasar tentang pemodelan proses-proses fisika, kimia dan biologi yang terjadi dalam badan air di sungai, muara, pantai, danau dan waduk. Pengembangan model numerik kualitas air: penurunan persamaan differensial angkutan substant, solusi analitik dan numerik persamaan angkutan substant, kalibrasi dan verifikasi model.

SI 6232 Analisis Sumberdaya Air (Pilihan, 3 SKS)
Penerapan analisis sistem dengan model simulasi dan teknik optimasi seperti: program linier, non linier dan dinamik untuk perencanaan dan pengelolaan model sumberdaya air deterministik dan stokastik, dan juga penerapan analisis risiko dan kehandalan dalam sistem sumberdaya air.

SI 6233 Hidrodinamika Danau (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman karakteristik fisik dan dinamika aliran pada sebuah danau/reservoir. Materi yang diberikan antara lain: (1) Sifat-sifat fisik sebuah danau/reservoir; (2) Paremeter penting yang mempengaruhi pengaliran; (3) Dinamika aliran akibat parameter cuaca dan inflow-ouflow.

SI 6234 Sistem Penunjang Keputusan Sumberdaya Air (Pilihan, 3 SKS)
Penerapan sistem penunjang keputusan dengan metode scoring, outranking i.e electre I dan II, promethe I dan II, analytic hierarchy process, goal programming, sistem pakar, fuzzy based rule, genetic algorithm dan simulated annealing method dan jaringan syaraf tiruan dalam perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air.

SI 6241 Ekonometrik dalam Rekayasa Transportasi (Pilihan, 3 SKS)
Continuous dependent variable models; count and discrete dependent variable models; studi kasus; perkembangan model-model diskrit terkini.

SI 6251 Keselamatan Konstruksi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini membahas berbagai aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam penyelenggaraan proyek konstruksi. Topik bahasan mencakup pengertian dasar keselamatan dan kesehatan kerja; statistik dan karakteristik kecelakaan kerja konstruksi; jenis-jenis aktivitas konstruksi yang berisiko tinggi; biaya langsung dan biaya tidak langsung akibat dari kecelakaan kerja; peraturan perundangan terkait K3 konstruksi; pedoman K3 konstruksi; tinjauan pedoman K3 konstruksi di luar negeri; sistem manajemen K3 (SMK3) konstruksi; studi kasus SMK3 di perusahaan konstruksi.

SI 6252 Manajemen SDM dalam Industri Konstruksi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini merupakan kuliah tingkat lanjut pada bidang manajemen konstruksi, yang membahas berbagai aspek pengelolaan sumberdaya manusia di lingkungan industri konstruksi. Kuliah ini membahas antara lain isu umum yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia, hubungan organisasi-pekerja, dan lain sebagainya, hingga isu-isu khusus seperti labor-based construction.

SI 6253 Manajemen Risiko Dalam Proyek Konstruksi (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini merupakan kuliah tingkat lanjut pada bidang manajemen konstruksi, yang membahas konsep risiko dan penerapan manajemen risiko dalam proyek konstruksi.

SI 6261 Mitigasi Bencana pada Infrastruktur (Pilihan, 3 SKS)
Pendahuluan. Definisi bencana. Mekanisme pengelolaan bencana. Dampak bencana terhadap infrasruktur dan kegiatan manusia. Peranan infrastruktur dalam situasi bencana. Jenis-jenis sumber bencana (hazard). Kerentanan infrastruktur terhadap bencana. Konsep resiko Bencana. Tindakan pengurangan resiko bencana dan perencanaannya. Implementasi kegiatan untuk mengurangi resiko bencana.
Permasalahan dan hambatan dalam implementasinya. Peranan kelembagaan dalam implemntasi mitigasi bencana.

SI 6262 Manajemen Lingkungan (Pilihan, 3 SKS)
Interaksi manusia dan lingkungan, isu lingkungan, aturan perundangan lingkungan, standar kualitas lingkungan, manajemen lingkungan udara, manajemen kualitas air, manajemen limbah padat dan B3, kebisingan, kesehatan dan keselamatan, analisis dampak lingkungan, pertimbangan ekonomi, dan audit lingkungan.