Silabus Program Sarjana

SI 2101 Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini memberikan pengenalan tentang berbagai jenis material konstruksi sipil, seperti beton, baja dan kayu. Topik-topik yang dicakup meliputi: sifat bahan-bahan baku beton; semen, agregat, air, additive dan admixture, sifat beton segar dan beton keras; slump, workabilitas, setting, susut, rangkak, kuat tekan, kuat lentur, kuat tarik, perawatan beton, perancangan campuran, proses pembuatan baja struktur, perilaku mekanis baja; mutu baja, daktilitas, kekerasan, fraktur, kelelahan, tegangan sisa, korosi, standarisasi produk baja, uji mekanik bahan baja. Perilaku material kayu dan material bahan bangunan lainnya juga dibahas seperti material untuk perkerasan jalan.

SI 2102 Analisis Statistik dan Probabilitas (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini diberikan agar mahasiswa menguasai dasar-dasar statistik dan probabilitas serta penggunaannya dalam bidang teknik sipil. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: menerapkan ilmu pengetahuan dasar, matematika, dan prinsip-prinsip rekayasa; mampu merancang dan melaksanakan kegiatan eksperimental, termasuk menganalisis dan memaknai data, serta tumbuh kesadaran akan kebutuhan dan kemampuan untuk melakukan pendidikan sepanjang hayat.

SI 2103 Matematika Rekayasa (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar aljabar linier elementer, vector, matematika peubah banyak, persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial dengan solusi deret Fourier. Orientasi matakuliah ini adalah pada keampuhan metode matematika yang didukung oleh konsep dan penalaran dalam merumuskan dan memecahkan permasalahan teknik sipil dan masalah praktis lainnya. Bagian pertama matakuliah ini meliputi sistem persamaan linear, matriks, determinan, vektor, matematika peubah banyak, integral lipat dua dan integral lipat tiga.Bagian kedua matakuliah ini terdiri atas persamaan diferensial biasa orde 1 dan orde 2, metoda numerik penyelesaian persamaan diferensial orde 1, uraian fungsi periodik atas deret Fourier, dan penggunaan deret Fourier untuk mendapatkan solusi persamaan diferensial parsial.

SI 2111 Statika (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pemahaman karakteristik struktur bangunan sipil, berbagai jenis perletakan, berbagai jenis beban, modelisasi struktur, modelisasi perletakan, modelisasi beban, susunan gaya-gaya, konsep kesetimbangan gaya-gaya statik (translasi dan rotasi), aksi dan reaksi, struktur statis tertentu (balok dan rangka batang), konsep badan bebas (free body), gaya-gaya dalam (internal forces), garis pengaruh (influence line) dan penggunaannya.

SI 2131 Mekanika Fluida dan Hidraulika (Wajib, 3 SKS)
Karakteristik fisik fluida, sifat pengalirannya dan interaksi antara dinamika aliran fluida dengan media pengalirannya.

SI 2141 Pengantar Rekayasa Transportasi (Wajib, 3 SKS)
Pengenalan sistem transportasi dan elemen-elemen sistem, perkembangan teknologi, operasi dan pelayanan, pendekatan perencanaan dan aspek-aspek terkait, konsep dasar rekayasa dan manajemen lalulintas.

SI 2201 Metoda Numerik (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pemahaman mengenai metode numerik dan memperkenalkan aplikasi metode numerik untuk masalah rekayasa sipil. Pengenalan metode numerik, persamaan non linear, interpolasi, diferensiasi dan integrasi numerik, pemecahan sistem persamaan linier, pemecahan persamaan diferensial biasa, analisis kurva, dan perancangan program komputer metoda numerik untuk masalah rekayasa Sipil.

SI 2211 Mekanika Bahan (Wajib, 3 SKS)
Memberikan pengertian dan pengenalan singkat material konstruksi dan perilaku mekanik material, pengertian tegangan dan regangan serta hubungan keduanya, tegangan aksial, tegangan lentur, tegangan geser akibat gaya lintang dan momen torsi, modulus geser dan Poisson’s ratio, analisis tegangan bidang, analisis regangan bidang, lingkaran Mohr tegangan dan regangan, metoda pengukuran regangan, analisis besaran penampang dan lingkaran Mohr Inersia, tegangan akibat momen biaksial, tegangan akibat gaya aksial eksentris, analisis penampang komposit dan tegangan yang terjadi akibat gaya aksial dan momen lentur murni, inti penampang dan pusat geser.

SI 2221 Mekanika Tanah I (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini meliputi pengertian dasar tanah, komposisi dan klasifikasinya; aliran air dalam tanah; konsep tegangan efektif, tegangan-tegangan dalam tanah, tahanan geser tanah, tekanan tanah lateral, tes lapangan dan laboratorium.

SI 2231 Rekayasa Hidrologi (Wajib, 3 SKS)
Pendahuluan, Siklus hidrologi, Abstraksi hidrologi, Air bawah permukaan, Air permukaan, Pengukuran hidrologi, Statistik hidrologi, Analisis frekuensi, Unit hidrograf, Penelusuran banjir, Debit rencana, Aliran air tanah.

SI 2241 Rekayasa Lalulintas (Wajib, 2 SKS)
Matakuliah ini terdiri dari dua bagian yaitu perancangan geometrik dan perancangan tebal perkerasan. Untuk bagian perancangan geometric terdiri atas perancangan geometrik jalan dan peracangan geometrik jalan rel, dan perancangan tebal perkerasan.

SI 3111 Analisis Struktur I (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini memberikan pemahaman serta kemampuan analisis deformasi struktur, dan perhitungan reaksi perletakan serta gaya dalam struktur statis tak tentu (dibatasi untuk struktur dengan elemen batang) dengan metode klasik.

SI 3112 Struktur Beton (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas mengenai kekuatan, kemampuan layanan, perilaku dan desain elemen-elemen struktur beton bertulang dengan penekanan pada: pengaruh karakteristik material beton pada perilaku elemen; lentur, lentur dan normal, geser dan torsi (disesuaikan dengan standar SNI 03-2847- 2002 dan ACI 318-05); pemenuhan syarat kemampuan layanan; dan pengangkuran tulangan.

SI 3121 Mekanika Tanah II (Wajib, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan dibahas mengenai kompresibilitas tanah, tekanan tanah lateral, stabilitas lereng, teori kompaksi, tes-tes insitu.

SI 3131 Irigasi dan Drainase (Wajib, 3 SKS)
Pendahuluan irigasi, Sistem irigasi, Kinerja irigasi, Perencanaan jaringan irigasi, Kebutuhan air irigasi, Perencanaan saluran irigasi, dan Penyiapan lahan, Prinsip perencanaan drainase, Drainase lahan, Beban drainase, Sistem drainase kota, Sistem pompa, Perencanaan sistem drainase.

SI 3141 Perancangan Geometrik Jalan (Wajib, 2 SKS)
Matakuliah perancangan geometrik jalan mencakup pemilihan rute, perancangan geometrik jalan, drainase jalan dan perlengkapan jalan.

SI 3151 Manajemen Konstruksi (Wajib, 3 SKS)
Matakuliah ini merupakan kuliah pengantar pengelolaan konstruksi, yang membahas berbagai teknik serta aspek manajemen konstruksi, mulai dari tahap perencanaan (planning) yang dilakukan oleh pemilik, tahap perancangan (design), tahap pelelangan, sampai tahap pelaksanaan dan tahap akhir.

SI 3211 Analisis Struktur II (Wajib, 3 SKS)
Analisis struktur dengan metode matrik kekakuan sebagai pengenalan pada metode diskritasi sistem struktur kerangka. Penguasaan metode ini merupakan dasar dari metode elemen hingga (untuk elemen-elemen batang). Penekanan materi pada cara kekakuan (stiffness) sebagai metode yang tepat bagi solusi analisis struktur mengguna-kan komputer program. Konsep dasar kesetimbangan, kompatibilitas, derajat kebebasan, superposisi, koefisien feleksibilitas dan kekakuan, beban ekivalen titik kumpul, energi, dan kerja virtual merupakan dasar-dasar analisis struktur dengan matrik kekakuan.

SI 3212 Struktur Baja (Wajib, 3 SKS)
Perilaku mekanik bahan; konsep perencanaan; keruntuhan, kekuatan, dan perencanaan komponen struktur: batang tarik, batang tekan, balok lentur; kekuatan sambungan baut dan sambungan las.

SI 3213 Dinamika Struktur dan Rekayasa Gempa (Wajib, 3 SKS)
Analisis dinamik sistem elastik linier, solusi dicari dengan metoda eksak, superposisi modal dan numerik. Pendekatan respon dinamik diperkirakan dengan menggunakan respon spectra.

SI 3221 Rekayasa Pondasi (Wajib, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan tinjauan ulang tentang mekanika tanah, daya dukung dan penurunan untuk pondasi dangkal dan pondasi dalam serta dinding penahan tanah.

SI 3241 Perancangan Perkerasan Jalan (Wajib, 2 SKS)
Analisis tegangan regangan dalam struktur perkerasan, metoda analitis dalam desain struktur perkerasan, analisis beban lalulintas, bahan perkerasan lanjut, pengelolaan software dan praktikum.

SI 3251 Metoda Pelaksanaan Konstruksi (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini memberikan dasar-dasar perencanaan dan perancangan pelaksanaan kegiatan konstruksi, yang mencakup aspek-aspek sistem, mekanisme, sumberdaya dan teknologi konstruksi pada proyek pembangun berbagai fasilitas fisik infrastruktur, mulai dari pekerjaan persiapan hingga ereksi dan instalasi berbagai bangunan sipil utama.

SI 4098 Kerja Praktek/Magang (Wajib, 2 SKS)
Memberikan pengalaman visual dan pengenalan bagi mahasiswa tentang suatu kegiatan pembangunan fisik yang nyata dan segala aspeknya yang meliputi aspek kerekayasaan, kontraktual dan administrasi serta pelaksanaannya di lapangan, agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman atas masalah tersebut.

SI 4099 Tugas Akhir (Wajib, 4 SKS)
Tugas Akhir merupakan matakuliah menjelang akhir pendidikan sarjana. Kegiatan ini merupakan latihan untuk memformulasikan pendapat, mempresentasikannya melalui laporan teknik dan cara presentasi yang baku, serta mempertahankannya dalam sidang ujian sarjana.

SI 4111 Rekayasa dan Perancangan Struktur (Wajib, 3 SKS)
Pada kuliah ini mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai rekayasa kegempaan, respon struktur akibat beban gempa dan perhitungan beban gempa statik ekivalen termasuk konsep dan aplikasi desain perilaku gempa Indonesia. Mahasiswa diberi paparan mengenai proses desain struktur tahan gempa, mulai dari pendefinisian kriteria perencanaan hingga pembuatan laporan. Di enam minggu terakhir mahasiswa diharuskan merencanakan secara lengkap dan detail suatu sistem struktur gedung atau jembatan yang sederhana tahan gempa.

SI 4151 Ekonomi Teknik (Wajib, 3 SKS)
Menjelaskan teknik pengambilan keputusan dalam rekayasa melalui analisis ekonomi. Pengertian dasar ekonomi; konsep bunga dan nilai waktu dari uang, teknik evaluasi alternatif investasi; metode penyusutan dan perpajakan; estimasi biaya pekerjaan rekayasa; pengaruh inflasi; studi ekonomi proyek pekerjaan umum dan industri; analisis titik impas dan periode pengembalian; risiko dan ketidakpastian dalam studi ekonomi. Pemahaman terhadap studi kelayakan suatu proyek, mencakup kajian menyeluruh (komprehensif) untuk menilai layak atau tidaknya suatu proyek untuk dilaksanakan ditinjau dari berbagai macam aspek yaitu: pasar, teknis, jadwal dan biaya, finansial, ekonomi serta lingkungan.

SI 4152 Estimasi Biaya Konstruksi (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas berbagai isu yang relevan dengan estimasi biaya konstruksi dan berbagai aspek yang berkaitan dengan manajemen biaya, seperti penganggaran, akuntansi, dan kendali biaya, baik ditingkat proyek maupun perusahaan konstruksi.

SI 4201 Sistem Rekayasa Sipil (Wajib, 3 SKS)
Menjelaskan dasar pemodelan dan penggunaan model matematik untuk optimisasi atau pengambilan keputusan dalam keterbatasan. Teknik yang diberikan meliputi: linear programming (termasuk transportation model dan assignment model), pengantar inventory models, pengantar masalah antrian (queuing), dan pengantar analisis keputusan dan aplikasinya terutama pada masalah alokasi sumberdaya dalam rekayasa sipil.

SI 4231 Bangunan Air (Wajib, 3 SKS)
Pengantar bangunan air, Perencanaan saluran, Bangunan pengalih, Pintu air dan katup, Cross drainage dan bangunan terjun, gerusan, bangunan outlet, bangunan peredam energi, rumah pompa dan kelengkapannya.

GD 2001 Pengantar Surveying (Wajib, 2 SKS)
Pada kuliah ini diberikan pengertian mengenai berbagai sistem koordinat pemetaan, pemetaan topografi, pematokan jalur dan bangunan.

BI 2001 Pengetahuan Lingkungan (Wajib, 2 SKS)
Ekosistem sebagai modal alam; dampak populasi manusia terhadap modal alam; keberlanjutan sumberdaya (keanekaragaman hayati, lahan, tanah, air, udara, mineral, energi) dan kualitas lingkungan; keberlanjutan masyarakat (ekonomi, politik dan lingkungan); isu-isu lingkungan global dan lokal (Indonesia).

SI 4112 Struktur Beton Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini, akan diberikan materi-materi lanjut mengenai struktur beton bertulang. Aspek-aspek yang dibahas meliputi kekuatan, kemampuan layanan perilaku, dan desain struktur beton bertulang dengan penekanan pada: sistem pelat dan pelat dua arah dengan atau tanpa balok; kolom langsing; balok tinggi; desain dan analisis sistem rangka berdasarkan rekomendasi standar yang ada; sambungan balok kolom.

SI 4113 Struktur Kayu (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pemahaman mengenai struktur dan sifat komposisi kayu: balok sederhana: sambungan kayu. Karakteristik mekanis kayu; tingkat tegangan dan tegangan kerja; perilaku dan desain balok; balok kolom; desain bangunan dan jembatan kayu; penggunaan kayu pada rangka batang, rangka kaku, lengkungan dan bangunan dengan tiang penyangga utama; sambungan paku, baut dan kombinasinya.

SI 4121 Pengantar Dinamika Tanah dan Rekayasa Gempa (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini akan diberikan pengantar dinamika tanah mengenai teori-teori dasar mekanika vibrasi dan pengantar seismologi secara umum. Pengantar rekayasa gempa akan meliputi analisis seismic hazard dengan pendekatan metode Gumbel dan teori probabilitas total, penentuan percepatan maksimum dan respons spectra di batuan dasar, pemilihan ground motion, pengaruh kondisi tanah setempat, pembuatan respons spectra untuk perencanaan bangunan tahan gempa, fenomena likuifaksi dan stabilitas dinding penahan tanah terhadap beban gempa.

SI 4131 Pengembangan Sumber Daya Air (Pilihan, 3 SKS)
River basin concept dan pengenalan water infrastructure; potensi sumberdaya air (SDA) terkait dengan pasokan (supply) dan kebutuhan (demand); survei dan investigation untuk perencanaan sumberdaya air; perencanaan waduk; sistem pengambilan keputusan dengan penerapan dasar-dasar ekonomi teknik, probabilitas dan statistik, teknik simulasi, teknik optimasi dalam perencanaan dan pengelolaan SDA yang terkait dengan investasi proyek SDA, pengoperasian system waduk, tenaga air, irigasi dan air baku; pelestarian sumberdaya air dan pengendaliannya terhadap bahaya banjir, kekeringan dan erosi lahan.

SI 4132 Rekayasa Pantai dan Rawa (Pilihan, 3 SKS)
Definisi pantai dan lahan rendah, hidrolika pantai. Mekanika gelombang. Pasang surut, transformasi gelombang, sistem perlindungan pantai, proses pembentukan lahan rawa, abrasi, erosi, sedimentasi, hidrologi dan hidrometri lahan rawa, kualitas air dan tanah, merencanakan bangunan infrastruktur, pengembangan lahan rendah, tata air reklamasi lahan rawa.

SI 4141 Analisis Kebutuhan Pergerakan (Pilihan, 3 SKS)
Konsep perencanaan tranportasi, konsep interaksi tata ruang dan transportasi, konsep aksesibilitas dan mobilitas, konsep pemodelan sistem, model transportasi 4 tahap, model bangkitan/tarikan pergerakan, model sebaran pergerakan, model pemilihan moda, model pembebanan pergerakan, model interaksi tata ruang dan transportasi, dan model transportasi yang berdasarkan data arus lalulintas.

SI 4142 Rekayasa Struktur dan Bahan Perkerasan (Pilihan, 3 SKS)
Konsep karakteristik material perkerasan, pengujian terkait dan hubungannya dengan jenis perkerasan.

SI 4143 Manajemen Lalulintas (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas pengantar manajemen lalulintas; alat pengendali lalulintas; manajemen lalulintas ruas jalan, persimpangan, jaringan jalan, dan kawasan lokal; manajemen antrian; manajemen parkir; manajemen pejalan kaki; analisis kapasitas dan kinerja prasarana jalan.

SI 4153 Metode Konstruksi dan Manajemen Proyek Infrastruktur (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai material, metode, teknik manajemen terkait dengan berbagai proyek infrastruktur Teknik Sipil dan operasi konstruksi berat. Adapun infrastruktur dan topik yang dibahas meliputi terowongan, jembatan, dam, konstruksi jalan, pemilihan peralatan, struktur sementara dan integrasi penjadwalan, estimasi, serta berbagai kontrak konstruksi dengan pendekatan proyek.

SI 4211 Beton Prategang (Pilihan, 3 SKS)
Memberikan pemahaman dalam merencanakan penampang dan struktur beton, prategang terhadap lentur, geser, gaya aksial, akibat beban standar. Studi kekuatan, kemampuan layanan, perilaku dan desain elemen dan struktur beton prategang dengan penekanan pada: system pratarik, pasca tarik, dan pracetak: perilaku dasar elemen beton prategang: beton prategang penuh dan parsial: metoda desain dengan penekanan khusus pada masalah koordinasi antara desain dengan teknik pelaksanaan pemberian prategang pada saat konstruksi.

SI 4212 Struktur Baja Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Kuliah ini membahas aspek pembebanan dan perencanaan beberapa struktur baja yang umum: bangunan industri, bangunan rangka bertingkat, jembatan komposit, atau menara transmisi. Pada setiap kali kuliah akan dibahas secara lengkap perencanaan salah satu struktur baja, yang kemudian menjadi tugas besar mahasiswa.

SI 4221 Dinding Penahan Tanah dan Stabilitas (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini mengajarkan: introduction, stress conditions, critical height of vertical unsupported cuts, retaining wall stability, braced excavations, and reinforced earth.

SI 4232 Rekayasa Sungai (Pilihan, 3 SKS)
Watak hidraulis, morfologi dan stabilitas, kemantapan dan pengamanan sungai. jaringan sungai, klasifikasi dasar sungai, hidraulika sungai, dinamika perubahan morfologi, proses meandering, penanganan dan penanggulangan kerusakan lingkungan sungai, normalisasi sungai, fungsi-fungsi sungai (transportasi, flood control, dan lain-lain), bangunan pengendalian dan pemanfaatan sungai.

SI 4233 Rekayasa Bangunan Tenaga Air (Pilihan, 3 SKS)
Menguraikan aspek kerekayasaan sipil dalam pekerjaan perencanaan waduk: Jenis, fungsi dan kapasitas waduk; Metoda pengukuran dan analisis data; Penentuan lokasi, Perencanaan dan desain hidraulis bangunan utama dan penunjang, Aspek operasional dan keamanan.

SI 4241 Rekayasa Jalan Rel (Pilihan, 3 SKS)
Geometri jalan rel, struktur jalan rel, fasilitas pengamanan jalan rel, persilangan dengan jalan raya, marka jalan rel.

SI 4242 Evaluasi dan Pemeliharaan Perkerasan (Pilihan, 3 SKS)
Proses evaluasi dan desain kegiatan pemeliharaan perkerasan jalan.
Jenis-jenis survei identifikasi kondisi perkerasan,jenis-jenis kerusakan perkerasn, indikator kinerja perkerasan, analisis beban lalulintas, jenis-jenis penanganan dan desain pemeliharaan.

SI 4243 Rekayasa Prasarana Antar Moda (Pilihan, 3 SKS)
Konsep pelabuhan, komponen prasarana pelabuhan, penanganan barang di pelabuhan, hirarki pelabuhan, analisis kebutuhan pergerakan, analisis kebutuhan prasarana, perencanaan kawasan pelabuhan, konsep bandara, komponen prasarana bandara, rencana induk bandara.