Silabus Program Doktor

SI 7001 Filsafat Ilmu Pengetahuan (Wajib, 2 SKS)
Matakuliah ini mengeksplorasi ilmu secara filosofis dan akademis sehingga ilmu tidak tercabut dari nilai agama, kemanusiaan dan lingkungan. Pengertian mengenai konsep filsafat, ilmu dan filsafat ilmu diharapkan dapat memberikan nilai dan orientasi yang jelas bagi setiap ilmu. Pada akhir perkuliahan mahasiswa akan melaksanakan sebuah tugas besar secara mandiri untuk menunjukkan kemampuan dalam penerapan konsep filsafat ilmu sesuai dengan bidang kajian masing-masing.

SI 7002 Penyusunan Proposal (Wajib, 3 SKS)
Penyusunan proposal di bawah supervisi satu tim promotor tentang penelitian yang akan dilakukan dan hasilnya ditulis sesuai dengan format yang ditentukan oleh Program Pascasarjana ITB.

SI 7098 Metodologi Penelitian (Wajib, 3 SKS)
Kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan konsep dan pengetahuan tentang metoda penelitian ilmiah yang selanjutnya dijadikan landasan dalam penyusunan proposal penelitian mahasiswa magister dan doktor.

SI 7099 Ujian Persiapan (Wajib, 3 SKS)
Mengelaborasi permasalahan yang dikaji; Memahami tujuan penelitian dan state of the art; Memahami pendekatan metodologi yang akan digunakan; Mengambil asumsi yang akan digunakan.

SI 8001 Penelitian dan Laporan Kemajuan I (Wajib, 5 SKS)
Menyusun laporan tentang prosedur percobaan atau survey untuk pengumpulan data, alasan pemilihan sampel dan prosedur, pengolahan data primer dan sekunder yang terkumpul, analisis data.

SI 8002 Penelitian dan Laporan Kemajuan II (Wajib, 5 SKS)
Menyusun laporan hasil lanjutan prosedur percobaan atau survey untuk pengumpulan data, alasan pemilihan sampel dan prosedur, pengolahan data primer dan sekunder yang terkumpul, analisis data

SI 9003 Penelitian dan Laporan Kemajuan III (Wajib, 5 SKS)
Menyusun laporan yang berisi penyempurnaan prosedur percobaan atau survey serta analisis data terdahulu.

SI 9004 Penelitian dan Laporan Kemajuan IV (Wajib, 5 SKS)
Menyusun draft laporan disertasi yang sudah mencakup pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi, hasil dan pembahasan serta kesimpulan.

SI 9099 Ujian Disertasi (Wajib, 3 SKS)
Pemahaman dan penguasaan materi keilmuan secara komprehensif, serta validitas substansi disertasi

SI 7011 Mekanika Kontinum (Pilihan, 3 SKS)
Analisis tensor, analisis tegangan, laju regangan dan tegangan, persamaan konstitusi, persamaan medan untuk mekanika fluida dan elastisitas, kesetimbangan energi, teorema pertidaksamaan, konsep termodinamika pada media kontinum.

SI 7012 Teori Pelat dan Cangkang (Pilihan, 3 SKS)
Pada kuliah ini diberikan metoda-metoda analisis pelat dan cangkang, termasuk metoda beda hingga dan elemen hinga. Pembahasan yang diberikan meliputi formulasi serta solusi persamaan keseimbangan pelat, konsep geometri cangkang, analisis berbagai jenis cangkang, dan lain-lain.

SI 7023 Interaksi Struktur dan Tanah (Pilihan, 3 SKS)
Pengenalan atas masalah interaksi dinamik. Uraian singkat atas interaksi dinamik fundasi mesin. Tinjauan ulang mekanika getar, matematika dan metode numerik elemen hingga, elemen batas. Model-model sederhana dengan SDO di atas continuum, uraian dalam NEHRP untuk bangunan gedung, analisis langsung dan multistep dengan elemen hingga, formulasi elemen batas, kombinasi elemen hingga-elemen batas, uraian state of the art dalam interaksi dinamik.

SI 7021 Pemodelan Konstitutif dalam Rekayasa Geoteknik (Pilihan, 3 SKS)
Pemodelan konstitutif pada rekayasa geoteknik untuk mengevaluasi dampak dari kondisi tanah lokal pada respon tanah. Sebagian besar metode ini didasarkan pada asumsi bahwa respon utama dalam tanah yang deposito disebabkan oleh satu dimensi ke atas perambatan gelombang geser dari dasar yang mendasari formasi. Beberapa program didasarkan pada pemodelan tanah konstitutif dan menggunakan salah satu terbatas yang berbeda atau elemen hingga analisis.

SI 7211 Perambatan Gelombang pada Struktur dan Media Padat (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini mengkaji dan mendiskusikan perilaku gelombang suatu materi, mendiskusikan jenis-jenis gelombang dan mengkaji gelombang suara dan karakteristik gelombang, tranversal dan longitudinal. Serta memformulasikan gejala superposisi gelombang dengan sifat-sifat dasar gelombang bunyi.

SI 7013 Mekanika Fraktur dan Fatigue (Pilihan, 3 SKS)
Matakuliah ini membahas perilaku kegagalan bahan dan struktur akibat fraktur dan fatig berdasarkan teori-teori mekanika meliputi elastisitas, plastisitas, dan damage. Tinjauan perilaku mekanik material meliputi skala mikro sampai dengan makro. Ruang lingkup bahasan adalah pada bahan beton, baja dan komposit, dan pada struktur sipil umum. Materi kuliah difokuskan pada teori dasar fraktur elastis dan inelastis. Teori dasar ini kemudian dikembangkan untuk analisa masalah fatig. Kondisi batas fraktur pada bahan berdasarkan faktor intensitas tegangan dan konsep laju energi pelepasan akan dipelajari dan diaplikasikan untuk desain struktur. Pada akhir kuliah mahasiswa akan mengerjakan tugas komprehensif yang berorientasi pada pemahaman teori dan aplikasi dari teori untuk desain bahan dan struktur.

SI 7014 Metoda Finite Elemen Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Dasar teori, elemen dalam masalah dua dan tiga dimensi, topik dalam mekanika struktur, lentur pelat, cangkang, dinamika dan vibrasi, stress stiffening, tekuk, konduksi panas, masalah fluida, nonlinier geometri dan material, analisis kesalahan, konvergensi, metoda adaptive.

SI 7022 Rekayasa Gempa Geoteknik Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Review mengenai pengetahuan dasar gempa dan mekanika vibrasi, fungsi atenuasi, fungsi distribusi, parameter seismic hazard, analisis seismic hazard. Dinamika tanah meliputi parameter dinamik tanah, fenomena likuifaksi dan dinding penahan tanah saat kondisi gempa, pemodelan tanah tingkat lanjut untuk analisis dinamik akibat gempa.

SI 7024 Topik Khusus Rekayasa Geoteknik Lanjut (Pilihan, 3 SKS)
Konsep gain strength, Teori Sokolovski, perilaku tanah khusus, analisis dan perhitungan daya dukung pondasi tiang dengan rumus dinamika dan persamaan gelombang, interpretasi loading test, pondasi jembatan bentang panjang, kasus khusus dalam stabilitas lereng dan timbunan, mekanika partikel.